RSS

Be a Real Writer!

Belakangan ini aku begitu tidak bergairah untuk menulis sesuatu, kecuali yang disuruh oleh guru di sekolah. Ada banyak hal yang membuat aku malas untuk menulis belakangan ini. Mulai dari alasan sibuk sekolah (maklum, tahun ini tahun terakhir di SMA), bad mood yang datang begitu saja, takut tulisannya gagal, sampai alasan-alasan lain yang tidak dapat aku jelaskan dengan kata-kata. Huh, padahal aku punya proyek untuk menerbitkan sebuah buku tentang pengalaman backpacking-ku bersama empat teman sekolahku ke Bali. Aku menargetkan proyek ini selesai sebelum semester 1 berakhir. Tapi, berhubung terbentur dengan alasan-alasan malas ini, sampai sekarang aku belum menulis satu kata pun untuk proyek ini!

Tapi, hari ini semangat itu mulai tumbuh lagi dan berusaha untuk melawan kemalasan yang menggerogoti badanku. Semangat itu muncul saat aku membuka situsnya Raditya Dika dan Dewi 'Dee' Lestari, dua penulis yang buku-buku karyanya melejit di pasaran. Dua penulis dengan gaya yang berbeda ini, menyadarkanku tentang sesuatu yang penting dalam menulis.

Saat aku membuka situs Raditya Dika, bahasa yang dia pakai bergaya santai dan informal, tapi menarik untuk dibaca. Biasanya, kalau orang menulis dengan gaya santai, ceritanya bakal melebar ke sana kemari. Kemudian, aku meng-klik situsnya Dewi 'Dee' Lestari, bahasa yang dia gunakan bergaya formal dan resmi, tapi tidak suntuk untuk dibaca. Biasanya gaya penulisan serius membuat orang bosan dan berhenti membaca. Setelah puas "mengacak-acak" situs mereka, aku mencoba untuk mengambil kesimpulan: Terserah mau menulis dengan gaya bahasa apa saja, tapi tulis kalimat dengan rangkaian kata yang menarik orang untuk membaca tulisan kita. Mau bahasa serius atau bahasa populer, tergantung kemampuan kita untuk mengolah bahasanya menjadi enak dibaca.

Aku harus lebih rajin lagi untuk menulis dan merangkai kata-kata dengan tepat dan cermat, agar menjadi "penulis yang sebenarnya".

Tulisan-tulisan mereka membuatku termotivasi kembali untuk kembali merangkai kata demi kata. Apalagi setelah membaca tulisan Raditya Dika yang berjudul "Tiga Elemen Penulisan Kreatif dalam Blog" yang membuatku PD lagi untuk menulis dengan gayaku sendiri. Sudah saatnya aku untuk berkarya dan aktif menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat :)

Terima kasih untuk Raditya Dika dan Dewi 'Dee' Lestari atas motivasinya hari ini ;)

0 komentar:

Posting Komentar