RSS

Satu Tahun Blogging (Keterpaksaan yang Menjadi Hobi)

Sudah satu tahun berlalu sejak aku berkecimpung di dunia blog. Dulu aku tak pernah berpikir untuk memulai blogging di dunia maya ini. Tapi, semua hal tentang dunia blog yang aku ketahui sekarang berawal dari tugas yang diberikan oleh guru TIK SMA tempat aku belajar, Pak Ihsan, lebih tepatnya lagi Ihsan Zakian, sekitar bulan April 2009. Jujur saja, aku memulai blogging karena keterpaksaan untuk mengejar nilai tugas TIK. Waktu itu Pak Ihsan memberikan tugas membuat blog dengan situs blog gratis, Blogspot. Blog tersebut harus diisi dengan posting, Alexa Traffic Ranking (mengukur tingkat kepopuleran blog), dan kolom iklan. Tugas tersebut semuanya dikumpulkan di http://computer.myzakian.com, website-nya Pak Ihsan.

Kebanyakan dari temanku hanya sekadar menunaikan kewajiban saja dan setelah itu blog-nya terbengkalai begitu saja. Tapi aku berpikiran lain. Apa salahnya mencoba meneruskan dan membuat posting-posting yang lain? Rasanya sayang juga kalau membiarkan blog yang sudah dibuat terbengkalai. Lagi pula, aku memang punya hobi menulis dan mengungkapkan apa yang ada di dalam kepalaku. Berawal dari alasan seperti itu aku memulai langkah untuk menulis segala hal yang aku rasakan di dalam blog ini. Harapan dan tujuan aku blogging sebenarnya pernah aku tulis di posting pertama blog ini dengan judul 'WELCOME TO MY BLOG (INTRODUCTION)' yang diterbitkan pada tanggal 17 April 2009. Sementara itu, posting hari ini adalah posting ke-66 dan ada dua entri lagi yang belum diterbitkan.

Kira-kira tiga bulan setelah mencoba Blogspot, aku membuat blog baru di situs Tumblr. Bagiku, ada perbedaan fungsi mendasar yang membedakan Blogspot dan Tumblr. Aku menuliskan berbagai pengalaman pribadi dan pemikiranku di Blogspot. Sementara itu, Tumblr aku pakai untuk menulis cerita-cerita ringan yang terjadi di sekitarku. Penggunaan bahasanya juga lebih santai di Tumblr dari pada Blogspot. Aku masih aktif posting entri di Blogspot dan Tumblr, walaupun aku lebih suka posting entri di Tumblr daripada Blogspot. Situs Tumblr menyajikan berbagai informasi menarik, kreatif, unik, dan inovatif serta jumlah pengguna yang banyak. Tetapi aku akan berusaha konsisten untuk menulis di blog punyaku di Blogspot dan juga Tumblr. Aku tidak ingin berhenti di tengah-tengah, bahkan aku berencana membuat blog di Wordpress yang berisi tentang berbagai peristiwa menarik yang terjadi di dunia ini. Oh iya, alasanku membuat blog di situs-situs yang berbeda adalah membandingkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki situs-situs tersebut. Lagi pula aku tidak ingin mengembangkan blog secara monoton.

Ternyata, setelah menjalani semua ini selama satu tahun, aku menyadari betapa blogging itu menyenangkan. Aku lebih suka langsung menulis di blog ini dari pada menulis terlebih dahulu di selembar kertas. Mungkin kalau blog itu tulisannya rapi dan enak dipandang, haha. Harapanku ke depan adalah aku masih ingin terus menulis dan membagi ide, cerita dan gagasanku kepada dunia ini.

Ah, blogging, hobi yang berawal dari keterpaksaan. Mungkin aku akan menemukan hobi-hobi lain yang berawal dari keterpaksaan, haha :))


Here we go, life is waiting to begin! Life is the adventure :)

0 komentar:

Posting Komentar