RSS

Ganti Kulit Blog! -maksudnya ganti template- :D

Alhamdulillah.. Akhirnya setelah bergelut selama kurang lebih dua jam, aku berhasil mengganti template blog punyaku yang awalnya cuma bernuansa satu warna saja. Cukup memusingkan dan rumit menurutku. Maklum, inilah pertama kalinya aku mengganti template blog aku. Sebenarnya aku sudah lama memendam keinginan untuk mengganti template blog. Tapi keinginan itu aku tunda terus mengingat proses yang sejak awal membuat kepalaku pusing!


Hal yang pertama kali kulakukan adalah mencari desain template yang cocok. Akhirnya aku menemukan template yang cocok di situs http://free-blogger-template-layout.blogspot.com/2009/06/travel-blogger-layout.html dengan tema travel. Cukup menarik dan sesuai dengan jiwaku yang mau menjadi traveler. Kemudian aku mengedit kode HTML template yang lama dengan yang baru. Biasanya selalu gagal, eh, tapi kali ini berhasil. Setelah berhasil mengganti kode template lama, aku klik di tombol menyimpan hasil edit. Kupikir dengan begitu selesai dan aku bisa mendapatkan template yang baru. Tapi, ada satu masalah lagi muncul! Kalau menyimpan template yang baru begitu saja, widget dari template yang lama akan hilang. Wah gawat, sudah capek-capek memasang widget di template lama, masa bakal hilang? Lalu aku ingat ada cara biar si widget ini tidak hilang. Caranya adalah dengan melakukan back up pada kode HTML widget di kode template yang lama. Akhirnya aku mendapatkan cara melakukan back up kode widget di situs http://forantum.blogspot.com/2009/07/widget-tidak-terhapus-ketika-berganti.html

Kemudian aku turuti semua instruksi dari situs itu. Salah satu instruksi yang membuatku hampir menyerah adalah menyalin semua kode HTML widget itu. Bukan hal yang gampang untuk menemukan semua kode HTML widget di antara ratusan kode-kode HTML yang lainnya. Hii! Kalau tidak teliti, bisa-bisa malah gagal atau malah hilang kode widget-nya. Setelah bolak-balik mencari kode-kode itu, akhirnya aku berhasil menemukannya, dan jadilah template blog yang baru seperti ini. Tentunya juga tidak kehilangan widget yang sudah ada :) Hehe


Oh iya, ada catatan lagi, jangan sampai ada dua jenis widget sejenis yang sama. Soalnya si kode-kode widget ini bersifat 'unik' alias hanya boleh ada satu dan tidak boleh sama dengan kode-kode widget yang lainnya. Kalau sudah tahu caranya, dunia blog pun menjadi semakin menarik. Selamat ber-blogging buat semuanya!    

0 komentar:

Posting Komentar