RSS

Hai, Miiko!

"Apaan nih, komik selera bocah", begitu kata temanku waktu melihat cover komik "Hai, Miiko". Waktu dia bicara seperti itu, kupingku menjadi panas dan dalam hati muncul perasaan kesal. Tapi aku memakluminya karena dia belum tahu isinya dan hanya melihat bagian depannya. Lagi pula, dulu aku pun pernah berkata seperti itu. Kemudian persepsi itu berubah setelah aku membaca dan menyelami makna komik itu. Ternyata memang benar kata-kata bijaksana, "don't judge a book from its cover".

Waktu pertama kali aku mengenal komik "Hai, Miiko", kesan pertama yang muncul adalah komik anak-anak perempuan dengan cerita cinta monyetnya, padahal tokoh-tokohnya masih kelas 5 SD! Mana gambarnya aneh pula. Soalnya waktu pertama kali bacanya, aku membaca jilid yang membahas tentang cinta dari awal sampai akhir halaman. Walaupun begitu, aku tetap membaca jilid lain komik ini. Aku meminjam dari Tria atau Putri yang sering membawa komik ke sekolah. Lumayan buat membunuh kejenuhan dan kejengkelan di sekolah.

Eh, ternyata semakin banyak membaca jilid lain, aku malah semakin keasyikan untuk terus membaca komik ini! Kalau diselami lagi, komik ini bukan hanya bicara 'cinta monyet' bocah SD, tapi juga persahabatan, cita-cita, dan kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang diangkat secara menarik.

Tokoh paling menonjol yang kusukai adalah Miiko, sesuai dengan judul komiknya. Dia diceritakan sebagai anak perempuan bertubuh kecil yang duduk di bangku kelas 5 SD. Tapi, karena tubuhnya yang mini, orang akan salah menyangka sebagai anak yang baru duduk di bangku SD. Anaknya lincah, periang, aktif, bersahabat, polos, dan sering membantu orang yang kesusahan. Aku sendiri pernah bilang ke temanku seandainya punya teman yang menyenangkan seperti Miiko. "Coba ya, kalau kita punya teman kayak Miiko", begitu kataku kepada Dea, temanku itu. Sayangnya, dia punya sifat pemalas, boros, dan juga berantakan.

Satu lagi tokoh yang menonjol dalam cerita ini adalah Eguchi Tappei. Anak laki-laki yang diceritakan cuek, cool, tapi keren ini diam-diam menyukai Miiko. Tapi dia tidak mengakuinya meskipun suka. Begitupun dengan Miiko. Walaupun begitu, hubungan Miiko dan Tappei cukup akrab. Kalau sudah berdua, kerjaannya berantem terus. Tapi benci-benci suka melahirkan cinta kan? Hehe

Selama aku membaca komik ini, ada empat cerita yang sangat mengesankan buatku. Pertama adalah saat Miiko dan teman-teman kelasnya membuat time capsule. Tergambar kebersamaan di antara teman-teman kelasnya yang dimulai dengan ulah Miiko dan Tappei. Kedua, saat Miiko memelihara hamster. Gambar hamsternya lucu! Jadi ingat waktu dulu punya hamster. Tapi hamster Miiko hanya bertahan selama 10 hari saja. Akhir yang menyedihkan memang. Ketiga adalah saat Miiko mencoba mengerti perasaan orang yang buta. Terakhir adalah saat Miiko berhasil melerai dua temannya yang hampir berkelahi gara-gara merasa punya kemampuan lebih dalam bidang seni. Miiko berhasil melerai mereka dengan menggabungkan kemampuan mereka berdua dan menunjukkan gabungan kemampuan itu akan menghasilkan karya yang jauh lebih bagus lagi. Nice!

Ternyata komik ini cocok untuk dibaca oleh perempuan, bahkan laki-laki dan segala jenis usia yang ingin menghilangkan stres dan rasa jenuh akibat rutinitas sehari-hari. Komik ini akan mengingatkan kita kepada keceriaan masa SD, saat di mana kita bermain dan belajar tanpa beban dan penuh mimpi-mimpi. Seandainya waktu bisa diputar kembali, haha :))

picture source: http://media.photobucket.com/image/hai,%20miiko/belviele/qwqq.jpg

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Ia aq jg ska bgd ama miiko! Aq drmh da pnya 12 jilid komik'a.. Agk ngacak sih jlid 1-10. Abs'a qu lbih mngutamakn yg jilid bru.. Hehehe blog'a bgus nich..

piece of my world :) mengatakan...

makasih komennya :) hehe, iya emang rame miiko itu, aku juga jadi suka. kayaknya rame ya, punya temen yg asik seperti miiko :D

Ameilia Nur Pratiwi mengatakan...

aku ada 10 komiknya...
Miiko yang terbaru tu yg ke berapa c ?? :D

piece of my world :) mengatakan...

@ Amelia: makasih udah ngunjungin blog aku :) hehe. kalo enggak salah yang paling baru tuh udh nyampe lebih dari nomor 20.

oh iya, makasih juga udah add fb aku :)

Anonim mengatakan...

wah miiko ya????? aku suka banget...aq punya semua jilid 1-21..tapi yang nama ku miiko cuma punya jilid 1-3....tapi kumpulan cerita terbaik miiko aku juga belum punya...

Gita Aluna mengatakan...

Aku suka banget baca Miiko..! ada yang tau official sitenya ndak?

Posting Komentar